Minggu, 06 Mei 2012

PAGELARAN KESENIAN TAYUB SEBAGAI HIBURAN RAKYAT DI KABUPATEN TUBAN


PAGELARAN KESENIAN TAYUB SEBAGAI HIBURAN RAKYAT DI KABUPATEN TUBAN

PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah

Tayub atau tayuban adalah kesenian tradisional khas suku Jawa,khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur.Hampir disemua daerah di kawasan Jawa mengenal kesenian tayub yang di kenal sebagai tari pergaulan ini.Daerah itu meliputi Lamongan,Bojonegoro,Tuban,Blora,Ma-lang,Blitar,Jombang dan daerah – daerah di sekitarnya.Namun,yang selama ini berkembang dengan pesat dan bahkan sampai ke tingkat nasional adalah tari langgam Tayub dari Kabupaten Tuban.
Pagelaran tayub merupakan kesenian tradisional warisan nenek moyang kita sejak zaman kerajaan Singasari dan terus berlangsung turun temurun sebagai tradisi dan budaya lokal masyarakat Jawa.Pada awalnya tayub sebagai seni gambyong istana yang sarat dengan nuansa religi dan magis.Namun,seiring dengan perkembangan jaman dan pasang surut kesenian ini dimata masyarakat.Tayub lebih dikenal sebagai tari pergaulan yang berubah fungsi menjadi hiburan rakyat,tontonan dan kadang kala digunakan untuk upacara selamatan,perkawinan,khitanan dan sebagainya.
Adanya perkembangan kesenian tayub ini tentunya diikuti dengan aspek –aspek lain yang menjadi faktor pendorong dan akibat dari perkembangan tayub yang semakin pesat di Kabupaten Tuban.Adanya campur tangan khususnya masuknya budaya asing (modernisasi) di Indonesia berpengaruh juga terhadap bentuk penyajian kesenian tayub itu sendiri dalam perkembangannya.
Diharapkan setelah dipaparkan secara lebih rinci masalah perubahan budaya yang terjadi pada bentuk penyajian dan perkembangan kesenian tayub ini semakin menambah pengetahuan serta bukti tentang  sebuah pernyataan yang mengungkapkan bahwa budaya berlangsung dinamis dan terarah mengikuti perkembangan pola pikir dan kepentingan manusia yang semakin modern.

1.2  Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.      Bagaimanakah sejarah pagelaran  tayub dan bentuk penyajian kesenian tayub di kabupaten Tuban?
2.       Bagaimana perkembangan kesenian tayub di kabupaten Tuban?
3.      Apa manfaat pagelaran tayub bagi masyarakat di Kabupaten Tuban?

1.3  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian dalam makalah ini adalah :
1.      Mendeskripsikan sejarah pagelaran tayub dan bentuk penyajian kesenian tayub di
Kabupaten Tuban
2.       Mendeskripsikan perkembangan kesenian tayub di Kabupaten Tuban.
3.      Mengungkap manfaat pagelaran tayub bagi masayarakat di Kabupaten Tuban.






PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Pagelaran Tayub dan Bentuk Penyajian Kesenian Tayub Di Kabupaten Tuban
            A.Sejarah Pagelaran Tayub
Tayub mulai dikenal sejak jaman Kerajaan Singosari. Pertama kali digelar pada waktu  Prabu Tunggul Ametung. Kemudian Tayub berkembang ke Kerajaan Kediri dan Majapahit.Pada jaman ini tayub lebih merupakan bagian dari rangkaian upacara keselamatan atau syukuran bagi para pemimpin pemerintahan yang akan mendpat jabatan baru,misalnya dalam rangka jumenengan (wisuda),pemberangkatan panglima ke medan perang,dan lain-lain. Pada Jaman Kerajaan Demak, kesenian Tayub jarang dipentaskan. Pada waktu Jaman Kerajaan Demak, kesenian Tayub hanya dapat dijumpai di daerah pedesaan-pedesan yang jauh dari pusat kota kerajaan.
Seiring berjalannya waktu, sejak berdirinya kerajaan Pajang dan Mataram, kesenian ini mulai digali kembali. Malahan pada waktu itu Tayub dijadikan Tarian Beksan di Keraton yang digelar hanya pada waktu acara-acara khusus. Namun disayangkan, penjajah Belanda memasukkan unsur negatif yang dikenal dengan 3C, Cium, Ciu dan Colek serta penyebutan yang konotatif  bahwa tayub adalah dansa Jawa.Bahkan pada waktu itu,dari berbagai bukti sejarah yang diungkap oleh Lalan Ramlan yakni seorang dosen tari di Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung melalui penelitiannya tentang sejarah perkembangan tayub di wilayah Jawa yang berlangsung sejak tahun 1998,dia menemukan sebuah fotocopy manuskrip Jacob Albert van Middlekoop yang pernah menjadi petugas VOC.Dalam fotocopy yang berjudul Reglement van de Tandak of Ronggeng te Chirebon itu berisi tentang diijinkannya pendirian tiga sekolah ronggeng dan diberikannya tempat pementasan di Keraton Kesepuhan,Kanoman dan Kacirebonan.
Tayub yang telah terkena pengaruh negatif dari penjajah belanda terus terpelihara hingga pemerintahan dipegang oleh Sunan Pakubuwono III. Sewaktu pemerintahan dipegang oleh Sunan Pakubuwono ke IV, beliau tidak berkenan dengan adanya pengaruh negatif tersebut. Akhirnya Tayub ditetapkan sebagai tari Pasrawungan di masyarakat. Selanjutnya kesenian tayub mengalami perkembangan di daerah Sragen, Wonogiri dan Purwodadi dan berbagai daerah lain disekitarnya.
Sampai saat ini kesenian tayub tetap bisa kita jumpai di berbagai daerah di Jawa Timur,Jawa Tengah dan Yogyakarta.Di Jawa Timur sendiri kesenian tayub berkembang di daerah – daerah seperti Lamongan,Tuban,Bojonegoro,Kediri,Blitar,Jombang,Malang,Nganjuk dan sekitarnya.Namun,dari sekian banyak wilayah tersebut Tubanlah yang mengalami perkembangan kesenian ini secara pesat dan teratur.Bahkan pemerintah daerah Kabupaten Tubanpun turut melestarikan dan menjadikan tayub sebagai salah satu objek pariwisata Kabupaten Tuban.

B.Bentuk Penyajian Kesenian Tayub Di Kabupaten Tuban

            Dalam kajian etimologi,Soegio Pranoto (sesepuh tayub asal Nganjuk) mengungkapkan tayub merupakan kependekan dari “ditata ben guyub” yang dalam bahasa indonesia berarti (diatur agar tercipta kerukunan).Makna ini merupakan essensi kesenian tayub yang harus ditampilkan.Sedangkan dalam buku “ Bauwana Adat Tata Cara Jawa” karangan Drs.R.Harmanto Bratasiswa disebutkan,tayuban adalah tari yang dilakukan oleh wanita dan pria berpasang-pasangan .Keberadaan tayub berpangkal pada ceita kedewataan(para dewa-dewi),yaitu ketika dewa-dewi mataya (menari berjajar-jajar)dengan gerak yang guyub.
Pelaku pementasan seni tayub ada beberapa pemeran yaitu pengarih,waranggana,penayub dan pengrawit gamelan. Secara rinci masing-masing pelaku tayub akan dijelaskan, sebagai berikut:

a. Pengarih adalah orang yang mengatur jalannya pertunjukkan tayub dari awal sampai akhir. Selain itu juga bertugas mengatur urutan giliran kehormatan penari bagi para tamu, melerai perkelahian yang mungkin terjadi, mencegah hal-hal yang tidak diinginkan misalnya;keonaran, mabuk-mabukan dan pelanggaran asusila lainnya. Pengarih berjumlah satu orang atau dalam sebutan orang Tuban disebut pramugari tayub.

b.Waranggana atau sindir adalah penari wanita dalam tayuban yang selain bertugas memberikan sampur kepada tamu, juga menyanyi dan menari bersama pengibing (mbesoh). Seorang Waranggana atau sindir dalam penampilannya selain menari, juga harus bisa menyanyikan tembang. Selain bermodalkan paras cantik ,seorang waranggana harus memiliki suara yang bagus dan menguasai berbagai macam lagu. Jumlah waranggana atau sindir dalam pertunjukan tayub tidak pasti, ada yang 2, 4,6 bahkan ada yang 8 orang penari, tergantung dari penanggap dan biasanya disesuaikan dengan banyaknya tamu yang diundang.

            c.Penayub atau mbesoh adalah sebutan bagi tamu yang diberikan kehormatan
untuk menari bersama waranggana dalam acara tayuban yang ditentukan oleh pengarih secara berurutan atau bergilir. Adapun urutan penayub ditentukan berdasarkan status sosial, pangkat, kekayaan, dan pengaruh dari kalangan pegawai pemerintah (camat, lurah, polisi,tentara dan pamong desa), pemuda-pemuda desa, pengusaha dan para petani.Namun,secara umum di wilayah Tuban penayub atau mbesoh dilakukan secara jamak atau bersamaan.Para penayub menari secara berjejer berhadapan dengan penayub lainnya.Lalu ditengah- tengah terdapat beberapa waranggana yang menari dan menyanyi.

            d.Pengrawit gamelan adalah sebutan bagi para pemain (penabuh) gamelan jawa lengkap yang mengiringi proses pagelaran tayub berlangsung.Macam instrumen gamelan yang di pakai dalam proses pagelaran tayub adalah kendang,gong,bonang,saron,peking,kenong,kempul,slentem dan sebagainya.
Tata cara dalam Tayuban pada umumnya di Kabupaten Tuban tidak begitu mengikat. Kalaupun dalam beberapa hal terdapat ketentuan ketentuan yang kelihatannya sudah mentradisi, namun ketentuan-ketentuan itu tidak begitu ketat.
            Orang yang pertama kali memasuki ruangan (arena) Tayuban, menurut kebiasaan adalah pengrawit atau penabuh gamelan, hal ini dimaksudkan agar saat tamu undangan memasuki ruangan, mereka telah disambut dengan gending-gending tetabuhan , supaya suasana perayaan menjadi lebih hangat.Selanjutnya,pengarih atau pramugari tayub membuka acara dengan pidato pembukaan oleh pramugari atas nama pribadi,tuan rumah dan perwakilan suku atau biasa disebut lurah desa.Kemudian dilanjutkan dengan tari pembuka yang di lakukan oleh waranggana.Biasanya tari gambyong jika pada malam hari atau tari blendrong jika tanggapan pada siang hari.Lalu diteruskan dengan adat pendayangan yaitu menghormati kepercayaan yang bertujuan agar pagelaran berjalan lancar.
Kemudian pengarih atau pramugari mempersilahkan dan memilih para tamu yang ingin menari bersama waranggana dan mengatur urutan giliran untuk mbesoh bersama waranggana.Selanjutnya,sebagai puncak acara para waranggana berdiri untuk siap menari bersama penayub (tamu) yang sudah ditentukan oleh pengarih dengan terlebih dahulu di berikan sampur (sejenis selendang) kepada penayub sebagai penanda bahwa penayub siap menari.Lalu para waranggana yang lain menyanyi dengan menyuguhkan satu tembang jawa.Begitu satu tembang iru selesai maka penayub diganti lagi dengan penayub yang lain dan waranggana yang menari dan menyanyi pun berganti pula.
             Tempat penyelenggaraan biasanya berupa panggung atau kadang juga disediakan semacam latar (halaman) yang luas bagi penayub, sedangkan waktunya berlangsung semalam suntuk di mulai dan pukul 20.00 sampai dengan pukul 05.00 (subuh).
Namun pada perkembangan selanjutnya hanya dilakukan setengah malam saja yaitu antara pukul 20.00 sampai pukul 24.00.

2.2 Perkembangan Kesenian Tayub Di Kabupaten Tuban
Semua kebudayaan yang ada di dunia ini memiliki dinamika atau gerakan sehingga suatu kebudayaan pasti akan bersifat dinamis. Meskipun kebudayaan nampak statis atau tetap, tetapi pada hakikatnya kebudayaan bergerak walaupun sangat lambat sekali.Dalam hal ini akan muncul suatu teori yang menyatakan bahwa adanya suatu kebudayaan pasti akan mengalami suatu proses yang lazim dinamakan perubahan kebudayaan.Secara rinci Selo Soemardjan mendefinisikan bahwa perubahan kebudayaan adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga masyarakat di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial dan pola-pola perilaku di antara kelompok dalam masyarakat.Begitu pula John Lewis Gillin dan John Philip Gillin juga mendefinisikan bahwa perubahan kebudayaan adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima, yang disebabkan oleh perubahan-perubahan kondisi geografis kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi dan penemuan baru dalam masyarakat.
Adanya perubahan kebudayaan juga nampak terlihat jelas dalam perkembangan kesenian tayub di Kabupaten Tuban.Perubahan kebudayaan tersebut dapat kita klasifikasikan menjadi empat pokok perubahan yaitu :
a.      Perubahan Fungsi

Pada awalnya pagelaran tayub di Kabupaten Tuban murni mengandung unsur magis ( sakral ) dan religius.Pagelaran tayub biasanya hanya dipentaskan jika ada upacara-upacara adat daerah setempat seperti nyadran (sedekah bumi) yang biasa diselenggarakan di kuburan – kuburan keramat, selamatan atau syukuran bagi para bupati,camat,lurah atau pejabat negara yang lain jika terpilih sebagai pemimpin yang baru  atau upacara –upacara tradisi lain yang bersifat sakral.Namun,seiring dengan perkembangan zaman pagelaran tayub berubah fungsinya menjadi profan (sekuler) yaitu pagelaran tayub lebih dikenal sebagai seni hiburan,tari pagelaran dan tontonan bagi masyarakat Tuban yang notabene penduduknya adalah petani.Kini di Kabupaten Tuban seniman tayub sering di undang pada acara hajatan pernikahan,khitanan dan acara-acara hiburan lainnya seperti peringatan 17 Agustus ,syukuran kelulusan PNS dan sebagainya.
b.      Perubahan Etika dan Moral bagi Penayub (mbesoh)

Dahulu memang dalam prakteknya terdapat berbagai macam praktek negatif oleh para penayub (mbesoh) yang mengandung unsur mesum dan sarat akan konsumsi minuman keras (toak) ketika penayub menari dengan para sindir (waranggana).Praktek mesum itu berupa pemberian sawer yang berupa uang kepada sindir yang menari dengannya dengan menyelipkannaya pada belahan payudara sang waranggana,semakin banyak sawerannya maka penayub akan semakin lama menari dengan waranggana .Bahkan tak jarang dari para waranggana yang akhirnya terlibat prostitusi dengan penayub. Adanya konsumsi minuman keras (toak) ini pada awalnya difungsikan sebagai penghormatan kepada tuan rumah,pemuka desa dan para undangan.Bila minuman yang ditawarkan oleh waranggana kepada tuan rumah diminum,itu tandanya pengunjung pagelaran tayub juga boleh meminumnya.Fungsi lain dari minuman ini adalah diharapkan bisa membantu sugesti dan kepercayaan diri seorang penayub (mbesoh).
Namun,adanya praktek ini kini tidak ditemukan lagi pada umumnya pagelaran tayub di Kabupaten Tuban sekarang lebih sopan, tertib, dan memiliki keunikan, terutama pada cengkok tembangnya.Karena pemerintah daerah Kabupaten Tuban telah ikut mengatur jalannya pagelaran tayub yang memang sangat digandrungi oleh masyarakat Tuban saat itu.Dinas Pariwisata Tuban mulai mulai tahun 2002 menggelar Citra Resmi Waranggana,yaitu suatu acara tahunan untuk mewisuda (meresmikan) waranggana baru.Meskipun dalam prakteknya pada pagelaran tayub masih ada unsur sawer ,namun cara pemberiannya di atur melalui pramugari tayub atau diselipkan dibalik sampur waranggana.
c.       Perubahan Penyajian (Jenis Tembang Yang Dinyanyikan Waranggana)

Jika dahulu tembang-tembang yang dinyanyikan oleh waranggana merajuk pada tembang-tembang jawa asli atau campur sari .Maka dalam prakteknya menggunakan lagu dangdut dan pop yang biasanya sedang ngetren di pasaran.Namun hal itu tentu saja disesuaikan dengan irama gamelan jawa pada umumnya.Hal ini bisa dijadikan analisa bahwa kesenian tayub memiliki sifat terbuka terhadap kebudayaan asing yang masuk dan cenderung melakukan inovasi – inovasi terbaru pada bentuk penyajian tembangnya.Itu berarti para seniman tayub mencoba mengemas tayub lebih modern penyajiannaya agar para penggemar tayub tidak berkurang.
d.      Perubahan  Pada Peminat Tayub

Jika dahulu sebelum musik-musik pop dan dangdut mewarnai belantika musik Indonesia.Para penduduk merujuk pada tembang – tembang jawa dan campur sari sebagai konsumsi musiknya.Hal ini juga berpengaruh pesatnya perkembangan tayub pada masa itu karena secara nyata belum ada saingannya.Namun,setelah masuknya musik-musik dangdut dan pop yang mewarnai musik Indonesia.Konsumsi musik para penduduk pun beralih mengkiblat pada duo musik itu.Hal inipun secara tidak langsung pada penurunan secara drastis penikmat kesenian tayub itu sendiri.Khususnya kaum remaja Tuban pada saat ini.Mereka bahkan tidak tahu menahu bahkan acuh terhadap tradisi tayub itu sendiri.Hal ini pun memang tidak lepas dari anggapan sebagian masyarakat Tuban bahwa pagelaran tayub itu dosa.Karena dahulu konotasi dari tayub memang negatif ,sedang apabila kiat amati lebih lanjut bahwa penyanyi dangdut pun kian lama terlihat sangat erotis dalam berpakaian maupun goyangannya.Hal ini tentu saja sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan tayub Tuban pada masa sekarang ini.Namun,secara fakta masyarakat Tuban lebih sering mengundang elekton atau grup musik dangdut seperti palapa,sera atau yang lain untuk acara – acara seperti perkawinan dan khitanan yang dulunya merupakan sektor dari tayub itu sendiri.
 2.3  Manfaat Pagelaran Tayub Bagi Masyarakat Di Kabupaten Tuban
       A.Manfaat Bagi Seniman Tayub
·         Bagi para seniman tayub yang notabene personilnya adalah para petani dan ibu rumah tangga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari upah selama masa tunggu panen tiba.
·         Pagelaran tayub sebagai ungkapan jiwa seni dan estetika musik Jawa bagi para seniman tayub
     
        B. Manfaat Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban
·         Pagelaran tayub dapat dijadikan sebagi suatu obyek pariwisata budaya yang sangat berpotensi dan bermanfaat bagi perkembangan kebudayaan nasional Indonesia.
·         Pagelaran tayub dapat menjadi sebuah aset daerah untuk mengangkat perekonomian daerah melalui sektor pariwisata budaya.

        C. Manfaat Bagi Masyarakat Kabupaten Tuban

·         Sebagai aset kebudayaan daerah yang mempunyai nilai adiluhung dan perlu dikembangkan terus menerus.
·         Masyarakat dapat menikmati suatu sajian musik yang khas dan tradisional yang memiliki nilai kesopanan,keamanan dan fungsi sosial yang baik di masyarakat.
·         Sebagai sebuah kesenian khas daerah yang perlu diwariskan kepada generasi muda agar terjaga kelestariannya.








PENUTUP
3.1  Kesimpulan

Pagelaran tayub pada sejarahnya mengalami pasang surut dalam beberapa hal .Akibat adanya pasang surut kebudayaan tersebut menyebabkan perubahan fungsi tayub dari kesenian tari istana beralih menjadi sebuah tari pergaulan yang dikembangkan oleh rakyat.Pagelaran tayub di Kabupaten Tuban dalam perkembanganya mengalami perubahan kebudayaan yang semakin beakonotasi positif .Namun,perubahan kebudayaan menyebabkan adanya akulturasi pada bentuk penyajian kesenian tayub Tuban pada umumnya.Selain itu,tayub Tuban memiliki manfaat – manfaat yang di peroleh bagi masyarakat Tuban ,khususnya para petani dan pemerintah daerah Kabupaten Tuban.
3.2 Saran
Ø  Pagelaran Tayub Tuban sebaiknya tetap dilestarikan dan perlu pendistribusian ( pewarisan ) kebudayaan untuk generasi muda Kabupaten Tuban.
Ø  Pagelaran Tayub perlu diadakan inovasi serta variasi – variasi baru dalam bentuk penyajian tarian.
Ø  Nilai – nilai luhur serta kesopanan pada pagelaran tayub perlu ditingkatkan kembali agar kesan miring tentang tayub perlahan menjadi pudar.






 Lampiran


Gamelan lengkap sebagai instrumen pagelaran Tayub Tuban

Pengrawit gamelan sedang menabuh kendang
Waranggana (sindir) sedang menari bersama penayub (mbesoh)
Waranggana (sindir) sedang menari bersama penayub (mbesoh)
Salah seorang waranggana sedang bernyanyi
brt589191185







Ritual siraman dan acara Citra Resmi Waranggana di Kabupaten Tuban
DAFTAR PUSTAKA
Lestari,Wahyu.2007. Citra Wanita dalam Pertunjukan Kesenian Tayub.Penelitian dosen  Pendidikan Sendratasik FBS   Universitas Negeri Semarang
------------. Belanda Pernah Mendirikan Tiga  Sekolah Ronggeng. Kompas, 3 Juni 2006

1 komentar:

  1. Siiipppp....mampir juga di

    htpps://alamraya-street.blogspot.com

    BalasHapus